ARTIKEL BENCANA ALAM PUTING BELIUNG DI BALI 2013


Puting beliung dengan kecepatan sekitar 30 kilometer per jam menerjang sejumlah titik di Bali pada Rabu siang. Menyebabkan sejumlah baliho dan atap bangunan rusak di kawasan Kuta, Pemogan, Sesetan, dan Denpasar Selatan.
Staf BMKG Denpasar, Made Kris mengatakan, puting beliung disebabkan bertemunya udara panas yang terjadi di Denpasar dengan suhu 32,4 derajat Celcius dengan pergerakan massa dingin dari barat laut. "Pertemuan itu memicu puting beliung yang terjadi sekitar pukul 13.59 Wita," kata dia saat dihubungi Liputan6.com, Rabu 11 Desember 2013.

Puting beliung itu datang secara tiba-tiba, tak bisa diprediksi. "Denpasar yang tadinya cerah dan panas tiba-tiba muncul pergerakan awan. Sekarang cuaca menjadi hujan berawan," kata dia.
Made Kris menambahkan, puting beliung tersebut berdurasi 3 menit. "Sifat puting beliung memang durasinya yang tak panjang, sekitar 3-5 menit. Puting beliung adalah sebutan lokal, aslinya adalah tornado mini. Tornado dalam skala kecil," tambah dia.
Ia minta warga Bali tidak panik. "Jangan percaya isu, yang penting waspada. Karena puting beliung tak akan terjadi setiap hari."
Seluruh Indonesia, di manapun ada perbedaan massa udara panas dan dingin, berpotensi untuk terjadi tornado mini. "Terlebih wilayah pantai," kata dia.
Terkait akibat, Made Kris mengakui pihaknya menerima laporan beberapa kerusakan rumah di Pemogan dan wilayah lain. "Beberapa rumah atapnya roboh, cukup acak-acakan. Puting beliung bergerak cenderung lurus," kata dia.
Bagaimana dengan kondisi Bandara Ngurah Rai? "Putih beliung berjarak 2 km dari bandara. Tidak terkena," kata dia.
Puting beliung menerjang Dusun Dukuh Tangkas. Sejumlah rumah di kawasan Pemogan, Sesetan, Jalan Pulau Moyo, dan sekitarnya mengalami kerusakan di bagian atap dengan genteng-genteng yang berjatuhan.
Beberapa gudang di kawasan itu juga mengalami kerusakan terutama kaca-kacanya yang pecah. Sejumlah baliho berukuran besar ambruk, serta beberapa mobil mengalami pecah kaca.
Belum diketahui adanya korban jiwa. Namun kerugian material akibat peristiwa itu diperkirakan mencapai jutaan rupiah.

PKS Bantu Korban Puting Beliung 

Tim Pos Penanggulangan Bencana (P2B) Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Bali turun membantu para korban angin puting beliung yang menimpa Denpasar, Bali 11 Desember 2013 pada pukul 14.00 wita kemarin.

Berdasarkan keterangan Tim P2B PKS, setidaknya ada 75 rumah rusak diantaranya termasuk satu mushola dan pura serta 10 rumah yang rusak berat. Hingga berita ini diturunkan belum diketahui adanya korban jiwa. Berdasarkan analisis Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Kecepatan angin saat itu berkisar 30 km per jam.
 
 
Ketua Dewan Pengurus Wilayah (DPW) PKS Bali, Mudjiono menjelaskan para relawan P2B PKS bergotong royong bersama warga mengevakuasi para korban, selain itu turut bersih-bersih dan memperperbaiki atap rumah korban, "hingga memberikan bantuan terpal untuk pos pengungsian dan perbaikan rumah warga," ujar Mudjiono yang juga ikut turun langsung membantu para korban.

Akibat angin kencang tersebut, lanjut Mudjiono sejumlah rumah di kawasan Pemogan, Sesetan, Jalan Pulau Moyo, dan sekitarnya mengalami kerusakan. Selain kerusakan pada atap-atap rumah, banyak ditemukan kaca-kaca yang pecah.

"Kerusakan lainnya yaitu sejumlah baliho berukuran besar ambruk, dan beberapa mobil pecah kacanya akibat angin kencang tersebut," pungkasnya
 
 

2 komentar:

  1. nice artikel gan, jangan lupa kunjungi website kami kembali ya gan ☺☺☺

    BalasHapus
  2. QQTAIPAN .ORG | QQTAIPAN .NET | TAIPANQQ .VEGAS
    -KARTU BOLEH BANDING, SERVICE JANGAN TANDING !-
    Jangan Menunda Kemenangan Bermain Anda!!
    Segera Daftarkan User ID nya & Mainkan Kartu Bagusnya.
    Dengan minimal Deposit hanya Rp 20.000,-
    1 user ID sudah bisa bermain 8 Permainan.
    • BandarQ
    • AduQ
    • Capsa
    • Domino99
    • Poker
    • Bandarpoker.
    • Sakong
    • Bandar66 (NEW)
    Kami juga akan memudahkan anda untuk pembuatan ID dengan registrasi secara gratis.
    Untuk proses DEPO & WITHDRAW langsung ditangani oleh
    customer service kami yang profesional dan ramah.
    NO SYSTEM ROBOT!!! 100 % PLAYER Vs PLAYER
    Anda Juga Dapat Memainkannya Via Android / IPhone / IPad
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami-Online 24jam ????
    • WA: +62 813 8217 0873
    • BB : D60E4A61
    • BB : 2B3D83BE
    Come & Join Us!?

    BalasHapus

 
Top